Dilema Pilih Investasi Emas atau Dolar?

emas vs dolar


Halo guys, kembali lagi di manusiagabut.site. Kali ini kita akan bahas dan membandingkan dua jenis investasi yang bisa dibilang memiliki beberapa kesamaan baik dari sistem investasinya maupun sisi lain dari kedua jenis investasi ini. Dua jenis investasi yang akan kita bandingkan sekarang ini, sebelumnya udah kita bahas masing-masing secara mendalam di disini yaitu jenis investasi emas dan investasi mata uang asing berupa Dolar

Perbandingan Emas vs Dolar?

  1. Nilai tukar emas vs dolar
    Untuk membandingkan kedua jenis investasi ini sebenarnya dapat dilakukan dengan utamanya adalah melihat nilai tukar keduanya yang berbeda. Dalam hal ini, nilai tukar dari emas notabene akan sama dimanapun itu, sedangkan nilai tukar dari mata uang dolar akan berbeda-beda bergantung dari dimana daerah yang dimaksud dan kapan kalian menukarkan mata uang tersebut serta kondisi-kondisi lain yang mempengaruhi. 

  2. Inflasi yang terjadi
    Umumnya secara rata-rata, nilai emas akan sangat stabil dan cenderung akan selalu naik. Walaupun turun, itu hanya terjadi sesekali. Berbeda dengan nilai dolar dimana nilai dolar akan lebih berfluktuasi. Fluktuasi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti meningkatnya konsumsi masyarakat, berlebihnya likuiditas di pasar yang memicu konsumsi atau bahkan spekulasi, sampai termasuk juga akibat adanya ketidaklancaran distribusi barang. Inflasi yang berdampak pada mata uang asing ini memang sangat bisa terjadi karena perbandingannya adalah daya beli terhadap barang yang ada di negara tersebut. Jadi kalau kalian menginginkan jenis investasi yang lebih stabil, maka aku akan kasih kalian saran untuk lebih memilih jenis investasi emas.

  3. Kemudahan proses investasi dan keamanan
    Sebenarnya, dari kemudahan investasi. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, beberapa diantaranya juga memiliki kesamaan. Nah berikut aku rangkum aja apa sih kelebihan dan kekurangan dari masing-masingn dari segi kemudahan proses investasi kalau kalian memilih berinvestasi emas ataupun dolar

    Emas
    - Bisa dilakukan secara online maupun offline. Saat ini tersedia berbagai platform online seperti bareksa, bukalapak, dan lain sebagainya
    Kalau memilih menyimpan emas sendiri, maka akan berisiko kehilangan dan penyimpanan harus dilakukan dengan aman (perlu biaya penyimpanan tambahan agar aman)
    - Walaupun lebih tidak aman karena rentan dicuri, namun emas lebih tidak mudah rusak dibandingkan penyimpanan dolar

    Dolar
    Platform online untuk investasi dolar belum sebanyak emas
    - Bisa investasi dengan cara uang dolar disimpan sendiri, namun kembali lagi harus dilakukan penyimpanan dengan aman
    - Kalau menyimpan uang dolar sendiri, penyimpanan uang harus hati-hati agar tidak robek, lecek atau sejenisnya karena sangat mudah rusak dan akan dapat mengurangi nilai mata uang itu sendiri


  4. Kemudahan pencairan produk investasi
    Proses pencairan menjadi salah satu kriteria penting yang harus kalian ketahui nih terutama kalau memang uang yang kalian investasikan adalah untuk dana darurat. Investasi emas sendiri tergolong kedalam jenis investasi yang pencairannya cukup mudah dilakukan dan bisa dilakukan dengan cepat. Kalau kalian menyimpan emas secara pribadi, maka kalian hanya perlu menjual atau menggadaikan emas yang kalian simpan. Kalau kalian punya dalam bentuk online atau dalam artian ngga kalian pegang yang biasa disebut sebagai emas digital, ya tinggal dijual melalui platform online yang kalian gunakan tersebut. Sebenarnya simpel banget. Satu lagi tentang emas adalah bahwa karena nilainya jarang turun, jadi bisa akan aman dicarikan kapanpun juga.

    Untuk pencairan uang dolar, cenderung memiliki proses yang lebih ribet nih. Kalau kalian menyimpannya dalam bentuk tabungan di bank, berarti kalian harus datang dulu ke banknya langsung. Atau kalau kalian menyimpannya sendiri, proses akan menjadi lebih ribet dan lama. Kalian tentunya harus menukarkan uang dolar kalian secara mandiri ke bank atau ke money changer.

  5. Kemungkinan terjadinya devaluasi
    Devaluasi sendiri dapat diartikan sebagai penurunan nilai mata uang. Nah mata uang dolar sendiri tidak pernah mengalami yang namanya devaluasi. Misalnya kalau kalian saat ini menyimpan uang senilai 100 USD, maka uang yang kalian miliki nantinya akan tetap sama senilai 100 USD. Berbeda dengan nilai rupiah yang akan berubah tergantung dari kurs saat itu. Sama halnya dengan emas, tidak akan ada istilah devaluasi dalam investasi emas. Jadi untuk kriteria ini, keduanya imbang

Emas atau Dolar untuk jangka pendek atau jangka panjang?


Emas vs Dolar


Dari grafik di atas dapat dilihat jika nilai dollar lebih tinggi dibandingkan emas pada renatan waktu tahun 1998 hinngga tahun 2002, dimana tahun 2001 menjadi puncaknya. Sedangkan nilai emas naik pesat mulai dari 2004 sampai tahun 2017. Hal ini menandakan jika investasi valas (dolar) lebih cocok untuk investasi jangka pendek dan emas lebih cocok untuk investasi jangka panjang. Akan tetapi naik turunnya nilai valas maupun emas dipengaruhu oleh beberapa faktor, seperti keadaan ekonomi dunia, pasokan emas duani, nilai tukar emas terhadap dolar, dan masih banyak lagi.

Kesimpulannya?

Sebenarnya, kedua jenis investasi baik emas maupun dolar memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing seperti yang udah aku jelaskan dari poin 1 sampai poin 5. Sekarang tergantung kalian menginginkan jenis investasi seperti apa yang tentunya disesuaikan dengan tujuan investasi. Misalnya kalau kalian menyiapkan dana untuk jangka panjang, maka pilihlah investasi emas. Kemudian kalau kalian misalnya ingin menyiapkan dana untuk keperluan pembayaran menggunakan mata uang asing seperti travelling ataupun biaya pendidikan ke luar negeri, maka pilihlah jenis investasi dolar karena akan jauh lebih menguntungkan. Selain itu, untuk memilih diantara keduanya, kalian juga harus memerhatikan kemampuan dan kesanggupan kalian. Intinya adalah seluruh investasi pasti memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing serta risikonya masing-masing. Namun yang harus diingat adalah apa tujuan investasi kalian, batas kemampuan kalian, serta apakah kalian mengerti jenis investasi tersebut atau tidak. Jadi bebas aja nih kalian mau milih emas atau dolar, keduanya sama-sama menguntungkan dan sama-sama berisiko dengan caranya masing-masing.

So, itu aja dulu ya untuk bahasan kali ini mengenai investasi emas vs investasi dolar. Tungguin terus artikel-artikel selanjutnya yaaa. Terimakasih sudah membaca ;)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar