Perkuliahan Semester 4 Teknik Elektro ITB

Image result for teknik elektro
Wellcome back everybody. Setelah kemarin gue udah bahas semester 3 di Prodi Teknik Elektro ITB, sekarang waktunya buat masa masa semester 4 nya nih. Nah disini lebih kerasa lah feel nya elektro wkwk. Jadi di semester 4 ini masih ada beberapa matkul yang kelasnya bareng sama POWER, bahkan BIOMEDIS juga (cuma kelas matek doang sih).
Jadi, di semester ini tuh bebannya 17 sks wajib kalo ga salah jadi masih bisa ambil 2 sks tambahan (dulu tingkat 2 gaboleh ambil di atas 20 sks, but tergantung doswal juga sih). Nah untuk matkul wajibnya ada Matek II, Elektronika I (Elka I), Sinyal & Sistem (Sinsis), Medan Elektromagnetik, Pemecahan Masalah dengan Bahasa C (PMC), Praktikum PMC, Praktikum Elka. Trus gue waktu itu ambil matakuliah tambahan KWN. Langsung aja kita bahas satu satu yak

Matek II
Yap, dari namanya aja udah keliatan ini matkul lanjutan dari Matek I. Walaupun katanya lanjutan, tapi materinya yang sama tuh dikit banget atau bahkan ngga ada ya, lupa gue wkwk. Nah disini tuh kita bakal belajar segala macem bilangan kompleks dan operasinya (ngga jauh beda dari bentuk fasor di Rangkaian Elektrik ama PAR kok), tapi operasinya ngga sesimple itu. Ya intinya belajar operasi bilangan, perkalian, penjumlahan, sampe deret juga kalo ga salah. Buat dosennya waktu itu masih dengan Bu Sri, karena berkaca dari nilai Matek I nya wkwk. Tipsnya sih seriusin aja di kelas, terutama kalo si Ibu lagi bahas soal, biasanya ada aja tuh keluar di ujian, bukunya masih pake Kreyzig edisi 10 (Harusnya kalian udah punya). Satu lagi tipsnya, jangan anggap remeh Matek II hanya karena kalian merasa Matek I itu gampang banget ya wkwk, karena isinya udah beda bos. Ini ada link buat beberapa tambahan materi.

ELKA I
Matkul ini bisa dibilang lanjutannya Rangkaian Elektrik, tapi disini kita bakal lebih banyak belajar tentang komponen-kompoenen elektronik, secara garis besar dioda ama transistor aja sih. Sama kaya RE, bakalan ada PR tiap minggu mulai dari minggu kedua, jadi bersiaplah. Bukunya pake buku Sedra & Smith edisi 6, bisa download BUKUNYA dan SOLMANNYA.
Nah untuk dosen, dulu tuh kita ga bebas milih jadi kaya udah dipaketin gitu berdasarkan NIM, jadi ya untung-untungan aja. Tapi mudah mudahan ya udah berubah sistemnya. Nama yang bisa gue saranin sih Pak Farhad Ihsan, sama Pak Mervin Hutabarat. Dulu gue dapet Pak Ihsan sih, intinya kalo dapet dosen ini lu beruntung banget sumpah. Di kelas tuh bapaknya biasanya jarang telat, trus kalo ngejelasin tuh detail se detail detailnya lah dan terstruktur banget, semua yang dia bilang penting + yang ditulis di papan mesti banget lu catet bray, soalnya nih yak PR nya ga bakal jauh-jauh dari itu bahkan ada yg litterally sama persis wkwk, trus di Kuis juga ga bakal jauh jauh kok. Tapi kalo diujian, konsepnya sama sih kaya PR, cuma bentuk rangkaiannya biasanya dibikin rumit biar pada bingung. Tapi kalo Pak Mervin gue ngga terlalu tau gaya ngajarnya begimana, soalnya ngga pernah diajarin di matkul kecuali matkul praktikum. Berdasarkan beberapa orang alumni kelasnya, katanya lumayan sih ngajarnya, tapi ngga sedetail Pak Ihsan, dan yang diajarin tuh teori dasarnya, jadi kalo ngerjain PR mesti berpikir dulu lah intinya wkwk. Selain dua dosen itu gue saranin jangan banget yak wkwk, apalagi dosennya cewek (dari pengalaman buruk temen gue wkwk). Pokoknya jangan anggap remeh matkul ini cuma gara gara soal soalnya keliatan sama, nanti di UTS 1 biasanya kalian akan terkejut wkwk. Oiya satu lagi masalah nilai kalo pak Ihsan menurut gue sih fair fair aja ya, yaa dibantuin juga sih dari kuis ama PR, oiya satu lagi kalo bisa ya usahain bikin PR sendiri dulu trus baru cocokin ama temen, soalnya bakalan ngebantu banget pas kuis ama ujian daripada kalo nyalin doang wkwk. PR Angkatan 2016, SOLUSI PR.

Sinsis
Nah masuklah kita pada suatu mata kuliah yang abstrak (mungkin menurut gue doang sih). Sesuai namanya, kita bakalan belajar yang namanya sinyal dan sistem. Minggu minggu awal pasti masih merasa materinya gampang kok, soalnya cuma bentuk bentuk sinyal, dari sinusoidal, square, ramp, sampai impulse. Tapi percayalah setelah itu kalian akan berpikir "ini mata kuliah apa ya" wkwk. Apalagi kalo udah masuk materi tentang sistem stabil, pole, zero, error steady state segala macem. Buku yang dipake tuh buku MJ Robert: Signals and Systems Analysis Using Transform Methods and MATLAB, edisinya gue lupa, bisa download BUKUNYA. Kalo mau sekalian sama Aplikasi Matlabnya bisa cek di oranggabut.wordpress.com.
Nah buat dosen, gue ngga bisa memberikan rekomendasi yang bisa menyampaikan materi dengan baik. Soalnya berdasarkan pengalaman + cerita orang orang kelas lain rata rata dosennya sama sih kalo masalah materi (mungkin karena emang matkulnya susah). Tapi kalo mau nilai bagus boleh pilih Pak Pranoto sih, tapi siap siap aja di kelas bakalan ditunjuk buat ngerjain soal di papan, biasanya setiap si bapak masuk kelas bakalan dijelasin materi kurang lebih setengah jam, trus dikasi soal dan holaa ditunjuklah orang orang beruntung buat ngerjain. Tapi tenang, biasanya asisten pak Pranoto baik kok, jadi dia ngajarin latihan latihan soalnya gitu. Oiya satu lagi, pak Pranoto biasanya ngasih salah satu tugas dengan aplikasi Octave (Versi gratisnya Matlab) kalo ada yang mau aplikasinya boleh kontak ya, oiya kalian jangan merasa ngeremehin PR pak Pranoto ya guys walaupun ngga pernah disuruh ngumpulin, tapi percayalah akan berguna terutama buat ngerjain Tubes di akhir semester. Dan satu lagi, sepengalaman gue si bapak ngga pernah ngasi kuis (langsung jadi bonus kayanya wkwk). Ini ada diktak yang cukup membantu buat persiapan UTS 1. Trus biasanya UTS 1 itu jauh lebih gampang dari 2 UTS berikutnya, jadi persiapin baik baik ya bro sis, nih ada contoh soalnya. Satu catatan lagi, di mata kuliah ini  BANYAK YANG NGULANG, jadi berhati hatilah.

Medan Elektromagnetik
Nah, ini dia salah satu mata kuliah yang juga rawan buat NGULANG. Materinya emang abstrak, tapi ngga seabstrak Sinsis sih. Pokok materinya yang dipelajarin di sini tuh cuma Hukum Maxwell kok, tapi yaa gitu wkwk. Di awal awal kalian bakalan belajar lagi ngitung ngitung medan listrik, potensial dan saudara saudaranya kaya waktu TPB gitu. Trus ke depannya yaa nanti kalian tau sendiri lah. Buat buku yang dipake tuh Buku Iskander, kebetulan gue makenya yang Hardcopy, jadi gapunya sotfnya, tapi ada solmannya. Kalo untuk dosen, gue rekomen Pak Warno deh, soalnya katanya ngajarnya lumayan bagus dibanding dosen lain, trus nilainya juga banyak yang dibantu. Soalnya gue dapetnya pak Doni, ngajarnya gue kurang suka sih tapi mungkin guenya yang rada bego kali ya wkwk, tapi yaudahlah. Bapaknya baik ama nilai sih kalo pengalamanku. Kalo di medan ini tuh aku belajar dari PR aja sih, soalnya si bapak ngasi PR dari soal di buku, jadi ya bisa liat solman. Tapi tiati yak ada beberapa yang salah deh kata orang orang. Oiya sebisa mungkin hindari dosen perempuan di matkul ini (Kalian harusnya udah tau namanya wkwk) dan ada satu lagi dosen yang mesti dihindari gue gamau sebut nama, tapi harusnya kalian udah tau wkwk. Ada beberapa tambahan materi.

Pemecahan Masalah dengan Bahasa C (PMC)
Oke ini adalah matkul yang sangat memungkinkan kalian buat dapet indeks bagus wkwk. Disini gue ngga mau bagi materi atau apapun, intinya cuma dua di matakuliah ini kalian pengen dapet ilmu atau ngamanin nilai? Oke kalo kalian pengen bener bener dapet ilmu, silahkan pilih Pak Reza, kalo ngamanin nilai pilih Bu Aciek. Jadi gini, Pak Reza tuh ngajar materi sih katanya, tapi ada juga beberapa yang bilang di kelas rada ngebingungin, dan nilainya belom tentu bagus wkwk. Kalo si ibu, ibu ini nih spesial wkwk, beliau ini adalah salah satu dosen sepuh, jadi berhati hatilah kalian. Jangan bikin masalah, apapun dan sekecil apapun itu. Di awal perkuliahan kalian bakal dikasi semua slide, materi dan soal soal jadi terserah mau dibaca atau engga, trus di kelas nanti tolong kondusif wkwk, kasihan si ibunya. Oiya kalo kalian masuk di kelas ibunya, siapin mental dan kesabaran kalian dengan baik ya hehhe, nanti kalian bakal tau kenapa kok. Satu lagi nih, kalo si ibu ngasi soal pemrograman kalian bikin dalam bentuk flowchart ya bos ini hukumnya WAJIB kecuali kalo diminta yang lain (kalian akan tau kenapa). Udah itu aja cukup sih kayanya.

Praktikum Elka I
Praktikum ini gajauh beda dari praktikum RE lah pokoknya. Tapi semua jenis tugas pendahuluannya mesti pake software LT Spice. Dan nanti kalian bakal bingung sendiri pas bikin TP wkwk. Kalo ada bingung tentang LT Spice bisa kontak aja ya, kalo bisa pasti gue bantu, kalo engga ya mon maap wkwk. Trus di modul 3 atau 4 biasanya bakal ada Tubes nih (Keren ya tubesnya di tengah semester wkwk). Di tubesnya itu kalian bakalan disuruh ngerancang yang namanya rangkaian penguat, nanti bakalan dikasi spesifikasinya biasanya rangkaian penguat BJT sih, kalo FET susah soalnya wkwk. Nanti bakalan ada rancangan kasar (perhitungan tangan) trus pemilihan nilai komponen yang ada di pasaran, nyobain di breadboard, sampai bikin di PCB tapi tenang kalian gausah bikin PCB nya sendiri wkwk bikin aja desainnya di Aplikasi Eagle or Altium etc. Nanti kasi desainnya ke toko Spectra (di jalan A. Yani kalo gasalah) ngirimnya bisa lewat email juga kalo gasalah, cek aja di google deh emailnya spectra). Saran gue kalo ngirim ke spectra bareng aja ama temen, biasanya jadi lebih murah gitu dan jangan mepet mepet deadline yak, takutnya rame jadi lama deh kelarnya. Buat yang mau pake Eagle nih gue kasi installernya.

Praktikum PMC
Yaa pasti kalian udah tau bakal ngapain kan disini. Yaudah ngga usah dijelasin panjang lebar lah. Intinya ngoding aja (Mulai modul 2 bakalan pake Auto Grader, dan kadang suka error gitu) jangan aja uploadnnya mepet mepet. Trus ada 13 modul kalo ga salah, dan ada TP juga, tiap minggu bisa 2 kali praktikum. Dan ada tubes juga di akhir semester, biasanya ada aja solusinya di mbah gugel, jadi be smart lah menggunakan si mbah gugel.

Oke sekian dulu deh ocehan gue kali ini. Kalo seandainya mau request tentang apapun boleh di komen atau boleh di request langsung lewat kontak yang udah ada, dan jangan lupa LIKE n SHAREnya, karena itu semua GRATIS gaes. Makasih semua :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar