Cara Membuat Font dari Tulisan Tangan

 


Selamat datang kembali di blog Manusia Gabut, semoga kalian sehat selalu di tengah pandemi ini. Jadi beberapa waktu ini aku emang ngga update di blog karena lagi iseng-iseng aja bikin channel Youtube yang kalian bisa cek di Channel Youtube Orang Gabut. Jangan lupa like - like videonya kalo kalian suka, kalo gasuka juga like aja :) sekalian beramal HAHAA. Boleh juga sekalian subscribe ya kalo berkenan.

Oke jadi hari ini aku pengen berbagi caranya ngebikin tulisan tangan kalian jadi font yang bisa diketik pake laptop atau komputer. Jadi postingan ini tuh terinspirasi dari pemikiran seseorang, sebut saja akua. Jadi dia sempet bilang dikasi tugas nulis sejenis esay gitu tapi tulisan tangan, ya kalian pasti langsung kebayang magernya kan. Nah itulah yang dirasain Akua. Tapi tenang, ada caranya kok, kalian tinggal ubah tulisan tangan kalian jadi font, trus diketik, trus printnya di kertas folio atau A4.

Nah langsung aja ke cara bikinnya. Pertama kalian buka dulu website Calligraphr.com. Kalian bisa bikin akunnya dulu pake email masing - masing. Nah kalo kalian udah Log In, bakalan ketemu tampilan kaya gini

Capture

Setelah kalian Log In, langsung klik di Start App, trus klik Create a Template. Setelah itu bakalan muncul window baru lagi kaya gini

Capture2

Pada tab bagian kiri itu kalian bisa pilih huruf - huruf sesuai bahasa yang kalian mau. Kalo mau huruf biasa tinggal pilih di bagian Basics aja, kalo mau nambahin angka bisa klik di bagian Minimal Number. Silakan di-Explore sendiri lah ya HEHE.
Kalo kalian mau ngapus beberapa huruf, tinggal pilih Remove di bagian atas Windownya. Kalo menurut kalian semuanya udah sesuai, sekarang tinggal download templatenya, trus kalian isi dengan tulisan tangan sesuai kotak yang udah disediain. Bentuk templatenya bakal kaya gini (gambarnya dirotate biar ga terlalu makan tempat HEHE)

Capture3

Setelah kalian isi semuanya, langsung scan aja. Kalian bisa pake aplikasi scanner di HP atau scanner yang biasa (sodaranya printer pokoknya). Hasil scannya pake format foto/gambar aja gausah PDF dan yang penting semua kotak - kotak item yang dipojokan itu juga masuk.
Setelah discan, balik lagi ke web Calligraphr. Trus di bagian tab atas klik My Fonts. Abis itu pilih Upload Template. Cek dulu apakah sudah semuanya sesuai dengan yang kalian tulis, kalo sudah tinggal klik di Build Font. Trus bakalan muncul Pop-Up buat ngasi nama font kalian, terserah mau ngasi nama apa. Kalo kalian udah build dan kasi nama, bakalan muncul window buat ngedownload font itu, ada dua ekstensi font yang bisa dipilih yaitu .ttf dan .otf. Silakan dipilih, kalo aku pake yg .ttf. Kurang lebih tampilannya kaya gini

Capture4

Nah setelah itu tinggal kalian download. Setelah didownload, kalian buka file fontnya trus klik install dan tunggu sampe prosesnya kelar. Kalo tulisan Installnya udah jadi abu - abu berarti fontnya udah keinstall dengan benar.
Sekarang saatnya ngecek font kalian, pertama tinggal buka aplikasi buat ngetik misalkan Ms. Word. Trus ganti fontnya, ketik aja nama font kalian tadi di bagian pencarian fontnya dan harusnya muncul sih. Kalo udah diganti kalian bisa ngetik sesuka hati pake tulisan tangan kalian. Nanti hasilnya kurang lebih kaya gini (MAAF TULISANNYA TERLALU BAGUS)

Capture5

Oke jadi sekian dulu ya, semoga bermanfaat buat kita semua. Kalo kalian mau liat contohnya yang berbasis video bisa cek di Channel Youtube Orang Gabut.

Terima kasih buat kalian yang udah ngikutin blog ini sampai detik ini ya :)
Tetep jaga kesehatan ya guys, semoga pandemi ini bisa kita lalui dengan baik.
Salam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar