Non-Contact Water Level Indicator

Selamat datang kembali. Akhirnya semester 6 akan segera berakhir. FYI di semester 6 ini aku ada banyak Tugas Besar (TUBES) dari setiap mata kuliah. Jadi aku berencana mau upload satu persatu buat referensi terutama buat anak Elektro ITB berikutnya, atau orang lain yang sekadar pengen baca.
So, yang pertama yang mau aku upload adalah tubes Sistem Instrumentasi (SISIN). Jadi matkul ini inti utamanya ngajarin tentang pengukuran, alat ukur dan seluk beluknya, tapi concern utamanya adalah Sensor. Nah di tubes kali ini pengerjaannya berkelompok (2 orang), aku dapet topik pengukuran ketinggian air tapi tanpa kontak alat ukur dengan airnya. Yap terdengar sangat mudah, tinggal pake Ultrasonik kan? Ya awalnya kami juga berpikir begitu HEHE... Tapi setelah dicoba ternyata banyak masalah, salah satunya karena permukaan airnya tidak stabil, jadi bacaan sensornya rada ngaco. Tapi yasudahlah.
Jadi singkat cerita, kami pake sensor ultrasonik, modul transmitter receiver RF 433MHz, arduino (2 biji), rangkaian di PCB. Buat kalian yang kepo code dan file PCBnya gimana bisa dicek di bagian paling bawah. Trus bentuk rangkaiannya kurang lebih kaya gini

receiver 
trans 
Nah ini aku sertain juga layout PCB yang dipake biar lengkap paket komplit
 
tr 
re 
Nah, jadi cara kerjanya kurang lebih si ultrasonik mancarin gelombang trus diukur waktu pantulnya. Nah waktu pantul ini ditransmisikan ke receiver dan dikalkulasi (kalkulasinya kalian bisa searching lagi karena mager jelasinnya HEHE). Abis itu udah deh ditampilih hasil jaraknya berapa.
LINK CODE
Okee sekian dulu, besok dilanjutin upload tubes-tubesnya yahh... :)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar