Kerja Praktik Teknik Elektro

Image result for itb

Halo sobat gabuters,, jadi karena sekarang aku mau berbagi pengalaman kerja praktik (KP) / magang / PKL  teknik elektro yang sudah aku selesaikan waktu liburan semester 6. Buat kalian terutama anak - anak elektro kalau bingung mau kerja praktik dimana, atau yang ngga mau KP di start up IT, atau yang suka kerjaan lapangan bisa banget disimak baik - baik HEHE

Okay, jadi aku mau kasi tau dulu kalo di teknik elektronya ITB KP itu wajib dilakukan minimal 8 minggu (2 bulan) di perusahaan (jadi kalau misalkan kita daftar ke research gitu sangat tidak disarankan, kalaupun dikasih itu dihitungnya sebulan aja). ya pokoknya gitu deh. Sekadar saran aja buat kalian yang pengen ngajuin KP lebih baik mulai dari awal - awal semester 5 karena di pertengahan menuju akhir semester biasanya pada sibuk jadi takutnya SKIP :(

Sebelum cerita KP dimana, aku mau ceritain dulu suka dukanya pas mau daftar KP. Jadi di awal semester 5 ada temenku sebut saja bunga, jadi dia ngajakin aku KP di sebuah company di bidang migas (ya karena memang kebetulan minat kami sama). Nah perusahaan itu adalah Pet*och*na. Aku yang gapunya orang dalam dimana-mana ya otomatis meng"iya"kan dong, mumpung ada temen juga kan, ditambah lagi kakaknya bunga emang kerja disana jadi mungkin lebih mudah prosesnya kan. Nah jadilah kami bikin proposal bareng - bareng dan akhirnya dikirimlah ke kantor pusatnya baik offline dan online (karena memang HRDnya yang minta). Lama tidak ada kabar, mulailah diri ini was was. Kalo ngga salah kami ngajuinnya sekitar bulan desember, jadi memang kepotong libur natal sama tahun baru, ngga ada kabar terus sampai bulan Februari kayanya. Mulailah ragu bakalan diterima atau engga :(

Mulai saat itu aku searching2 lagi postingan - postingan tentang kerja praktik, e-mail HRD dari berbagai macam perusahaan, dan merasa belum ada yang cocok. Tiba - tiba (lupa bulan apa) si bunga ngabarin bahwa kemungkinan emang gabisa diterima, yaudah aku memustuskan untuk mundur tapi dia dibantu kakaknya masih ngelanjutin dengan langsung ke orang fieldnya (pokoknya singkat kata dia diterima KP disana, tapi hanya bisa satu orang). Mungkin dia ngerasa bersalah ya wkwkwk jadi sempet ditawarin kontak HRD perusahaan lain, tapi aku nolak karena pengen usaha sendiri aja HAHAHA sok idealis bgt.

Oke singkat cerita aku menemukan sebuah website yang ownernya itu adalah seorang dosen yang merasa iba sama mahasiswanya karena susah dapet KP juga karena cuman segelintir yang punya kontak dan mayoritas dari mereka gamau bagi - bagi sama temen. Jadi si bapak dosen ini ngasi sebuah file doc yang isinya list e-mail HRD perusahaan yang beberapa mungkin masih aktif, kalo kalian minat bisa cek. Terima kasih buat bapak dosen yang saya lupa nama dan alamat webnya :(

Kabar buruknya adalah dari sekian banyak email itu, NGGA ADA yang bales e-mailku (BTW aku ngga nge e-mail semuanya sih ya). Sedih banget dah pokoknya ditambah bingung lagi mau kemana lagi WKWKWK. Sampailah pada suatu titik aku nemu sebuah blog yang ngebahas tentang magang, TA, dll yang punya namanya Mba Titi (kalo ngga salah dari prodi Geofisika UNILA, maaf kalo salah ya mba wkwkw). Di blognya itu ngebahas gimana perjuangan dari pra, saat, das pasca magangnya. Dibilang juga kalau ada yang mau KP disana bisa kontak mbanya untuk minta e-mail HRD, pas aku e-mail  kalo ngga salah besoknya baru dibales dan itupun responnya baik banget sih. Terima kasih banyak pokoknya Mba Titi. Oiya kalau ada yang merasa perlu kontaknya boleh hubungin aku juga di e-mail: golden4circle@gmail.com atau lihat di menu Tentang aja :)

Oke singkat cerita dengan segala doa dan harapan aku e-mail HRDnya dan dibalas dua hari kemudian, responnya juga ramah dan baik banget pokoknya mau membimbing gitu terutama dokumen - dokumen yang diperluin apa aja, pokoknya baik banget :)
Kayanya segitu dulu yah, nanti dilanjutin lagi tentang di perusahaan apa, di mana, dll tentang KP nya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar