Perkuliahan semester 3 Teknik Elektro ITB

 what-can-you-do-with-an-electrical-engineering-degree-702x300

Halo teman teman kali ini gue mau nambahin kategori postingan, buat sekadar berbagi suka cita saat berkuliah di Teknik Elektro ITB. Oke langsung aja gue mulai dari semester 3.
Nah jadi buat kalian yang belum tau, di ITB tuh kita masuk jurusan baru dari semester 3 karena di tahun pertama kita kaya belajar pelajaran SMA lagi tapi ya lebih dalem gitu namanya masa TPB (Tahap Persiapan Bersama/ Tahap Paling Bahagia {KATANYA}). So ini adalah semester pertama gue masuk ke dunia elektro. Oh iya FYI di semester 3 ini kita juga untuk pertama kalinya memilih matkul dan dosen karena di TPB semua udah pake sistem paket jadi ya bener bener mirip sama SMA. Tapi nih ya, di Teknik Elektro tuh kita di semester 3 belom boleh ambil matkul pilihan (peraturan kaprodi sih) katanya buat membiasakan diri dulu karena belajar disini bakalan beda banget sama di TPB, so kita dibatasin ngambil 20 SKS, TETAPI matkul wajibnya ada 19 SKS jadi 1 SKS lagi nganggur hehe
Oke lanjut. Nah karena gue bukan termasuk orang orang cerdas dan rajin, jadi gue mesti memilih dosen tertentu nih makanya sebelum pengisian rencana studi harus tanya kating dulu mesti pilih dosen yang mana (udah rahasia umum ini mah). Dan untungnya lagi gue dapet dosen yang keren lah di semester 3 ini, kalo di antara kalian ada yang anak elektro ITB semester 3 juga boleh nih disimak

Rangkaian Elektrik (RE)

Matkul ini tuh lanjutan dari matkul TPB yaitu PAR. Harusnya kalian udah ada bayangan lah tentang matkul yang satu ini. Jadi disini buku yang dipake tuh masih Sadiku (dipelajarin sampe bab terakhirnya, Two Port kalo ga salah). Di matkul ini tuh gue dapet dosen Pak Amin Sulthoni, sumpah dosen ini baik + bagus ngajarnya. Gue yang dulu TPB ga beruntung dengan dosen PAR aja bisa dibikin ngerti RE kok ekwkwk. Tapi ada beberapa aturan yang harus diikutin di kelasnya slaah satunya ngga boleh maen HP, menurut gue ini aturan bagus sih jadi maksa kita buat fokus terus di kelas. Trus kalo masalah PR tuh semua kelas sama, soalnya juga sama tapi yang periksa asistennya kok tenang aja, biasanya nilai PR ini lumayan membantu loh buat nilai akhir terlebih soalnya kebanyakan diambil dari buku sadiku. Oh ya gue lupa, buat materi pertama tuh diambil dari bab 1 buku Chua, ada disini bukunya. Nah lanjut lagi buat kuis, pak Amin ini kalo gasalah kuisnya lebih banyak dari kuis bersama, nanti bakal diatur nilainya kalo kuis bersama lu nilainya jebol wkwk. Kalo soal UTS/UAS jangan ditanya lah ya, sama kaya PAR deh. Saran gue kalo udah mepet UTS/UAS jangan belajar Sadiku, karena biasanya soalnya ngga selevel itu wkwk, jadi mending belajar soal UTS/UAS tahun sebelumnya. Masalah nilai Akhir kalo sama bapak satu ini menurut gue sebanding ama usaha lah ya, cukup baik juga kok. Dan satu lagi pesen gue kalo habis UTS 1 jangan pada kejut aja wkwk, pas angkatan gue abis UTS 1 RE langsung ada beberapa orang yang menghilang coy serius. Tetep semangat ae udah yak wkwk. Tambahan materi, soal PR 2017.

Sistem Digital (Sisdig)

Matkul yang ini bisa dibilang matkul baru lah ya, soalnya belom pernah ketemu sebelumnya. Isinya tuh awalnya ya gerbang gerbang logika gitu, trus persamaan logika dan teknik buat penyederhanaannya, trus ada belajar tentang Finite State Machine gitu (gue ga terlalu paham), banyak lah pokoknya. Tapi yang gue mengerti waktu itu cuma 3-4 bab awal aja wkwk. Buku yang dipake tuh Fundamentals of Digital Logic and
VHDL Design
pengarangnya S.Brown. Kalo dosen gue dapet Pak Yudi alm. Dulu tuh pilihannya ada Pak Yudi ini sama kaprodi tercintah Pak Arif Sasongko. Kata orang sih bedanya kalo pak Yudi nilainya bisa keren, tugasnya juga kebanyakan dari buku yang notabene solmannya udah pada punya, trus kalo pak Arif tuh ngajarnya yang detail tapi nilainya yaa gitu wkwk tugasnya juga jarang dari buku dan susah katanya (kan gue ngga tau ya). Nah kalo sekarang gue ngga tau siapa yang gantiin Pak Yudi, jadi gabisa rekomen. Matkul ini ngga ada ujian perbaikan ya btw, jadi ada 2 ujian doang UTS ama UAS. Saran gue ya maksimalin banget di UTS 1 karena UAS nya itu ngga tau dah kaya apa soalnya (entah guenya yang bego atau emang suah ya wkwk). Tapi karena dosen gue baik yaa nilainya lumayan bikin senyum lah wkwk. Tambahan materi.

Probabilitas dan Statistika (Probstat)

Ini matkul paling menarik di semester 3 menurut gue sumpah. Disini tuh kita bakal belajar tentang peluang ama statistika sesuai nama matkulnya. Tapi belajar peluangnya dikit sih dibanding statistikanya. Buat bukunya tuh gue lupa namanya wkwk soalnya gue pakenya yang hardcopy. Trus dosennya geu dapet Pak Dimitri Mahayana. Di pertemuan pertama ato kedua tuh gue lupa, pokoknya si baka kaga masuk trus tetiba ngasi soal gitu kan WTF gitu ya, disitu gue kesel sih. Tapi berikutnya kaga kok wkwk, nah si bapak ini sibuk sih menurut gue, jadi bisanya ngajar di hari sabtu doang jadi lu bakal masuk di hari sabtu yang notabene anak lain pada libur wkwk jadi gue saranin kalo kalian ga suka kuliah di hari sabtu, jangan pilih si bapak deh. Tapi kalian tetep perlu pertimbangin karena di akhir kuliah ada siomay + minum + es krim gratis gais dan itu tiap sabtu loh. Itupun dengan durasi yang ga normal coy, biasanya dari jam 7 pagi ampe 12 siang coy. Biasanya kalo ada kuis harus dateng setengah 7 lag, jadi 30 menit kuis dulu wkwk. Tapi tenang, kuisnya ga bakal jauh jauh dari latihan soal yang dikasi kok (sama persis malahan wkwk). Istimewanya lagi itu soal soal kemungkinan keluar di UTS gede banget, makanya kalo lagi dibahas kali wajib perhatiin. ohh iya, di hari sabtu itu kalian bakal digabung sama anak STI jadi jangan kaget kalo tetiba rame di kelas. Masalah nilai, bisalah kalian yakin gue wkwk. Oh iya, kalo kebetulan kalian punya kalkulator yang berkemampuan lebih ato dapet pinjaman misalnya kalkuator Casio fx-9860 (kalkulator anak tekkim katanya) sabi banget dipake karena si bapak memperbolehkannya, di kalkulator itu fitur statistiknya lengkap banget kalo dibandingin ama kalulator laen. Mon maap nih soalnya soal soal probstat kaga ketemu, nanti kalo udah bakalan diapdet yak
casio

Struktur Diskrit (Strukdis)

Kalo matkul yang satu ini gue ngga bakal banyak komen dah. gue dapet dosen Pak Bambang, menurut gue dosennya matkul ini sama aja sih. Tapi pas di gue tuh asistennya pak Bambang bagus ngajarnya, jadi tiap jam tutorial jangan cabut dah kalo saran gue yak, bakal banyak membantu soalnya. Kalo di kelas pak Bambang buku yang sering dipake tuh buku Matematika Diskrit terbitan Informatika Bandung, penulisnya Dosen IF kok tapi gue lupa namanya ntar juga kalian tau sendiri. Masalah nilai sih fair fair aja menurut gue yak.

Matematika Teknik I (Matek I)

Yakk matkul ini isinya matematika. Tapi tenang ngga bakal kaya kalkulus di TPB kok yang ada cacing cacing berlipatnya wkwk. Disini bakalan belajar tentang matriks, dan banyak matriksnya. Saran gue jangan dianggap remeh ya mentang-mentang
cari duit beliin anak sembaranganudah pernah liat matriks. Percaya deh bakalan ada yang beda lah, dan jangan bosen buat latian dan nulis matriks wkwk. Gue dapet dosen Bu Sri, dulunya beliau ini ngajar kalkulus pas gue TPB, tapi entah kenapa pas gue masuk semester 3 dosen matek yang dulu diubah semua, jadi saran kating tidak dipakai. Keuntungan di kelas bu Sri adalah lu bakal dapet banyak latihan soal yang bermanfaat banget buat kuis + UTS/UAS. Biasanya bu Sri ngasi PR juga dari lembar soal yang dibagiin di kelas, tapi semua soalnya ada di buku kok, bukunya nih tapi kalo buat solmannya emang susah dicari, tapi ada versi onlinenya, search aja di mbah gugel "Solution manual engineering mathematics 10th edition on slader" niscaya akan keluar, tapi ada beberapa yang ga ada solusinya sih, soalnya ini bikinan para netijen di luar negeri sana. Jadi berdasarkan uraian gue itu, kayanya ga sulit buat kalian lulus di matkul ini. Tambahan materi.

Praktikum RE & Sisdig

Matkul semester 3 ini emang dikit gais, jadi ga salah 3-4 minggu awal kalian bakal ngerasa elektro gabut. Tapi kalo udah mulai praktikum, bikin laprak, bikin TP, kalian pasti mulai merasakannya wkwkwk. Saran gue jangan NYONTEK TP, boleh sih tapi ya jangan disamain bangetlah intinya. Trus buat laprak juga pake format IEEE, contoh lapraknya nih. Dan jangan sekali sekali copas punya orang, baik kating ato temen kalian sendiri karena konsekuensinya ngulang gais NGULANG lebih berat lagi bisa ke KOMDIS loh ya. Jangan banget lah intinya.
Buat praktikum RE, ada modul yang TP nya disuruh nyari spesifikasi instrumen yang dipake di Laboratorium Dasar Teknik Elektro ITB (LDTE). Nanti kalian juga bakal berkenalan sama yang namanya
Bunga Citra LestariBuku Catatan Laboratorium (BCL), yang mesti lo bawa terus kalo praktikum, nanti kalian bakal tau sendiri aturannya. Saran gue biar nilai BCL kalian gede, tulislah : judul & nomor modulnya, nama nim asisten, ruangan lab kalian (lab 1 ato 2), nomor meja. bagian ini PENTING BANGET. Trus tulis alat yang kalian pake, singkat singkat aja, trus percobaan percobaan yang kalian lakukan, nah di tiap percobaan itu yang PENTING buat kalian isi adalah SETTING ALAT (boleh digambar, tapi jangan gambar doang lo ya), trus tentunya HASIL yang kalian dapat kalo pake osiloskop gambar aja bentuknya gausah terlalu bagus yang penting udah merepresentasikan, trus KEJADIAN di lab yang kalian alami misalnya "IC op amp yang saya gunakan meledak karena saya memberikan masukan arus yang melebihi rating" tapi kalo kalian merasa percobaan kalian berjalan lancar juga mesti ditulis loh. Dan JANGAN PERNAH PAKE TIPE-X. Oke kurang lebih itu sih buat BCL, gue bisa bilang gitu karena pas praktikum pertama dulu gue dapet nilai BCL yang gede loh dibandingin yang laen wkwk (BUKAN MAKSUD pamer lo ya), bahkan ada yang nge PC gue nanyain caranya nulisin BCL wkwk, yaa itu ga terlepas dari bantuan abang gue sih yang ngasi tau caranya wkwk. Oh iya buat praktikum Sisdig nanti bakalan ada semcam tubes gitu pake board FPGA Altera DE1, pake aplikasi Quartus juga, ntar kalian bakalan ngoding mulai percobaan 3 kalo gasalah.
altera de1

Okedeh sekian dulu cerita gue tentang semester 3 Teknik Elektro ITB, moga ae bermanfaat yak.
Tambahan dikit buat praktikum yang berkaitan dengan rangkaian pake aplikasi LTSpice, harusnya udah diajarin waktu TPB sih.
Oiya, kayanya banyak yang belum tau tentang mailing list Teknik Elektro sama web labdasar yah. jadi gue tulis di bawah deh
Subscribe Civitas EL: kirim email subscribe ke civitas-subscribe@ee.itb.ac.id
web Labdas: labdasar.ee.itb.ac.id/ biasanya aksesnya perlu pake internet ITB atau pake VPN ITB, di web ini kalian bisa akses berbagai hal tentang praktikum, serta software2nya.
Web pengumpulan laporan praktikum (MIKU): praktikum.ee.itb.ac.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar