Kerja Praktik Teknik Elektro II

Image result for pagerungan besar island 


Jadi post ini adalah lanjutan dari post sebelumnya boleh dibaca dulu kalau berkenan :)
Jadi tempatku kerja praktik (KP) adalah di Kangean Energy Indonesia di fieldnya yaitu di Pulau Pagerungan Besar di sebelah utara pulau Bali, tapi masuk wilayah administratif Sumenep, Madura. Kangean Energy Indonesia bergerak dibidang pengeboran gas, dulu pernah minyak juga tapi sekarang udah habis.
Nah jadi proses awalnya aku nge e-mail HRD, namanya Ibu Widya. Beliau bilang waktu itu udah ada beberapa orang yang diterima untuk KP jadi kalau nambah 1 orang lagi masih bisa katanya, sampe sini aja udah seneng bangettt. Tapi, FYI aja di field ini dibatasi masa KP nya hanya satu bulan karena masuk remote area (takut terjadi hal yang tidak diinginkan) makanya Ibu Widya ini sempet nawarin KP di kantor pusatnya aja di Jakarta, tapi akunya nolak karena pengen di lapangan aja (sebenernya lebih ke arah kepo tentang dunia migas). Nah dokumen - dokumen yang diminta bisa terbilang standar sih seperti transkrip nilai, proposal pengajuan KP, surat pengantar dari program studi. Semuanya dikirim lewat e-mail dan ada juga yang harus dikumpul hard copynya (lupa apa aja). Itu prosesnya sekitar bulan maret.
Setelah dokumennya diterima dan diverifikasi, ternyata ada tambahan lagi dan menurutku ini lumayan ribet dan perlu biaya WKWKWK soalnya kan nanti kerjanya di remote area (daerah terpencil) kalo ga percaya cek aja deh di google maps. Nah dokumen tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah cek kesehatan LENGKAP. Intinya kita bakal dikasih list apa aja yang perlu diperiksa pokoknya lengkap bangettt, pas aku cek aja dokternya bilang "ini terlalu lengkap sih kalo cuman buat magang". Tapi its okay lah ya demi kelancaran segala hal :) Buat kalian yang pengen KP disana juga khususnya yang lagi di Bandung, nanti aku bikinin post lagi buat cek kesehatannya dimana dan caranya gimana . Tapi intinya aku dapet harga yang lumayan murah kalo kata orang, yaitu sekitar 700k (lupa detailnya sih). Selain cek kesehatan ada lagi syarat yang harus dipenuhi yaitu asuransi kesehatan, tapi tenang ini tidak permanen jadi intinya masa berlakunya itu selama KP aja. Waktu itu udah disuruh sih ke asuransi apa, lokasinya dimana. Biayanya 100k sih waktu itu, sebenernya masa berlakukan setahun sih. Kalau ada yang merasa perlu nanti aku bikinin post juga khusus ngebahas itu :). Untuk biaya cek kesehatan kita tanggung sendiri ya FYI, tapi kalo asuransi itu bisa direimburse.
Nah setelah lengkap asuransi dan hasil cek kesehatan, kita harus nunggu lagi nih sekitar 2 minggu buat mastiin kita bakalan layak atau engga buat ke fieldnya. Biasanya yang menyebabkan gagal tuh ya kaya alergi debu, asma, pokoknya penyakit yang rada - rada serius. Kalo ngga ada berarti bersyukurlah anda 90% aman bisa diterima. Setelah lolos itu, bakalan ditanya nanti berangkatnya dari mana karena untuk ke Pulau Pagerungan Besar kita akan menggunakan pesawat kecil khusus milik Pegasus dari bandara Juanda Surabaya (ini maskapai sih setauku, sejenis Susi Air punya Bu Susi kayanya). Jadi kalian bakalan dibeliin tiket pesawat ke Surabaya, dan maskapainya juga mantep borrr wkwkwk. Nah seandainya kalian harus flight ke Surabaya di hari sebelum jadwal flight ke Pagerungan, tenang aja karena kalian bakalan nginep di representative officenya di Surabaya (ada kamar tidur khusus gitu buat karyawan tetapnya, jadi bisa dipake :) ), untuk transportasi bandara-office tenang aja karena bakalan diantar-jemput SUMPAH ENAK BANGET :)
Oke lanjut, di hari keberangkatan ke Pagerungan Besar kita bakal nunggu pesawatnya di luonge jadi ya dapet makan gratis WKWKWK, dan disana juga sekalian nonton video safety gitu buat di pesawatnya (maklum pesawatnya gaada pramugari ekwkwk).
Pas kegiatan KP nya tuh aku berlima, 4 orang lainnya dari prodi kimia ITB. Intinya disana mereka udah sering nerima anak KP/PKL jadi udah punya jadwal tersendiri gitu minggu ini ngapain, minggu depan ngapain, terarah dengan baik lah intinya, jadi semua divisi disana kita jadi tau banget. Kalo aku dulu 2 minggu pertama bakalan diajak keliling ke semua divisi jadi misalkan hari 1 - 3 di divisi A, trus berikutnya ganti gitu, tapi 2 minggu terakhir kira bakalan menetap di satu divisi yang sesuai dengan bidang ilmu, kalau aku karena teknik elektro (arus lemah) jadinya ditempatin di divisi Maintenance, khususnya di bagian Electric & Instrument (EI). Intinya kalo di EI aku belajarnya tentang DCS dan instrument - instrumenya disana. Disini aku ngga bakal cerita secara detail karena ada perjanjian tidak boleh menceritakan hal - hal internal. Tapi intinya orang - orang disana itu BAIK BANGET, pokoknya jangan ragu buat nanya soalnya mereka ngga bakal marah - marah kecuali kita sok tau trus mengakibatkan hal buruk mungkin baru dimarah ya :D. Oh iya, untuk makan, tempat tinggal, coverall, safety shoes, sampai laundry pun disediakan disana pokoknya enak bangett. Tapi sebulan tinggal di remote area itu lumayan bikin stres sih guys, cape lagii :( Tapi setelah KP disana hati - hati aja ama berat badan, karena makanannya enak - enak jadinya anak KP pada naik berat badannya :)
Kayanya sekian dulu deh sharingnya mengenai pengalamanku KP Teknik Elektro di bidang Migas. Semoga bisa membawa manfaat buat kita semua :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar