Chrome Dino Game Hack


Selamat datang kembali di blog Manusia Gabut, jadi beberapa waktu lalu sempet viral orang - orang yang ngebikin alat buat nge-hack atau buat menyelesaikan game dinosaurus yang ada di google chrome. Buat kalian yang belum tau, jadi game ini bakalan muncul secara otomatis pada saat kita buka google chrome tapi komputer kita sedang offline alias tidak terkoneksi ke jaringan internet.
Buat kalian yang pengen tau atau pengen buat alat tersebut berbahagialah karena aku bakal sharing cara buatnya. Sebenernya cukup sederhana kok, tapi komponen yang digunakan kayanya sedikit asing buat orang awam HEHEHE. OKe gausah panjang lebar, langsung aja yah ke alat - alat yang bakal kita perlukan dulu



  1. Microcontroller Arduino + kabel datanya, saya menggunakan Arduino Uno
  2. Motor servo, saya menggunakan servo tower pro seperti gambar di bawah
  3. LDR (Light Dependent Resistor), seperti gambar di bawah
  4. Resistor 1 Kohm
  5. Kabel jumper
  6. Breadboard (cukup yang kecil aja) seperti gambar di bawah
     
 Oke sebelum kita ke cara pembuatannya, kita mesti paham dulu gimana cara kerjanya ya. Nah jadi pada dasarnya semua sistem itu kan ada bagian input, pemrosesan, dan bagian outputnya. Begitu pula pada alat ini, jadi bagian input (sensor) menggunakan LDR, LDR ini seperti namanya akan menghasilkan nilai resistansi yang berubah - ubah sesuai dengan intensitas cahaya yang mengenainya. Jadi LDR nantinya akan kita tempelkan pada layar komputer untuk membaca apakah ada obstacle (pohon kaktus atau burung) yang mendekati dinosaurus kita atau tidak. Hal ini dapat dilakukan karena warna latar belakang gamenya berbeda dengan warna obstacle.
 
Untuk pemasangannya sendiri tidak perlu memerhatikan polaritas (+ dan - sama saja). Nah sebagai bagian pemrosesan, Arduino hanya membaca tegangan sehingga kita perlu mengonversi nilai resistansi dari LDR tersebut menjadi tegangan dengan cara membuat rangkaian pembagi tegangan dengan resistor yang telah kita siapkan. Di bawah akan diperlihatkan gambar detailnya. 
 
Kemudian Arduino akan membaca nilai antara 0 - 255 (nilai tegangan yang sudah diskalakan). Nah berdasarkan nilai tersebut kita bandingkan nilainya pada saat tidak ada obstacle dan pada saat ada obstacle yang terdeteksi. Apabila terdeteksi maka Arduino memberikan perintah kepada motor servo untuk bergerak sebesar X derajat, kita akan tempatkan pada keyboard sehingga motor servo menekan keyboard dan dinosaurus kita bisa melompati obstaclenya.

Gimana? Terdengar mudah dong pastinya? Nah sekarang kita langsung aja ke cara bikinnya ya
  1. Buat rangkaian pembagi tegangan antara resistor dan LDR. Salah satu ujung resistor kita hubungkan ke pin gnd (-), kemudian ujung lainnya dihubungkan dengan ujung LDR.
    Kemudian ujung LDR yang lainnya dihubungkan ke pin 5V. Pada titik pertemuan resistor dan LDR kita hubungkan ke salah satu pin analog Arduino, dalam hal ini saya menggunakan pin A0. 
  2. Hubungkan kabel positif (merah) dari servo ke pin 5V, kabel negatif (cokelat) ke pin GND (-), serta kabel PWM (kuning) ke pin 9 Arduino.
    Sebenarnya kalian dapat memilih pin PWM lainnya asalkan diubah juga pada codingannya nanti.
    Buat yang belum tau, PWM (Pulse Width Modulation) intinya adalah melakukan switching pada tegangan DC dengan duty cycle tertentu sehingga level tegangannya dapat diubah - ubah. Dalam hal ini digunakan untuk mengatur sudut gerakan servo yang diinginkan.
Gambar detail dari kedua langkah di atas dapat dilihat di gambar di bawah
 
Nah kalo udah, kita ke bagian coding nya sekarang. Kalo kalian baru pertama kali menggunakan arduino, silahkan download dulu Arduino IDE di website arduino.cc. Jangan lupa download juga library myservo.

Inti dari programnya adalah seperti cara kerja yang sudah dijelaskan di atas. Perlu diperhatikan bahwa pada codingan yang saya buat ini untuk background berwarna hitam, untuk kalian yang backgroundnya berwarna putih silahkan ubah di bagian "if(obs > 90)" menjadi "if(obs < 90)". Sebagai catatan, silahkan sesuaikan posisi LDR nya di monitor kalian saran saya sih sekitar 2 cm di depan dinosaurusnya. Dan untuk percobaan pertama silakan cek dulu angka yang terbaca di Serial Monitor, bandingkan saat ada obstacle dan tidak ada jika bukan 90, maka silahkan diganti angka 90 yang ada di codingan saya. Untuk posisi motor servo saya meletakannya di tombol spasi di keyboard, sudut gerakannya kalian juga bisa atur di codingan yang saya buat.
 
Untuk download codingannya bisa dilakukan disini: CODE LINK
Jika kalian bingung cara downloadnya bisa cek di: HOW TO DOWNLOAD?

Kurang lebih hasil akhirnya akan seperti gambar di bawah ini



Selamat mecoba, semoga bermanfaat :)
 
 
*Disclaimer: cara ini ngga akan berhasil kalo obstaclenya udah di score yang cukup tinggi, kalo ga salah ada burung yg terbangnya rendah gitu trus ga kebaca sama LDRnya HEHEHE

Tidak ada komentar:

Posting Komentar