Review Bareksa VS Bibit Reksa Dana

 Selamat datang kembali di manusiagabut.site, kita akan lanjutin belajar reksa dana. Sebelumnya kita udah ngebedah jenis - jenis reksa dana dan plus - minusnya untuk dipilih. Nah kalau sudah tau jenisnya dan kelemahan serta kelebihannya, sebelum memutuskan untuk membeli kita harus nentuin dulu dimana mau beli reksa dana itu kan?

Bareksa VS Bibit
 

 Jaman dulu mungkin 5 - 10 tahun ke belakang mungkin masih agak ribet cara belinya yaitu harus ke bank, ngga semua bank bisa, ngurusnya ribet dan lama, dan ada minimum pembelian yang dananya ga bisa dibilang "minimum" buat sekelas kantong mahasiswa kita. Bahkan di youtube ada yang pernah cerita pengalaman beli reksa dananya di bank, tau ga gimana ribetnya? Jadi dia nanya CS (Customer Service) bank X "mba saya mau beli reksa dana" trus mbanya bingung trus bilang mau nanya dulu ke atasannya. Setelah nunggu sekian lama, datenglah atasannya trus nanya lagi "mba mau beli reksa dana ya?" trus dibawain seabrek daftar reksa dana yang bisa dibeli (dalam kertas ya ini) trus kita mesti milih - milih disitu sambil diliatin (kan jadi insecure ya), dan berita buruknya lagi ada minimum pembeliannya yaitu sekiat juta rupiah kalo ga salah. Padahal ini orangnya cuman mau nanya dulu, kan malah jadi mengurungkan niat kan orangnya :( Terdengar ribet kan? Memang!!!

Tapi itu dulu ya. Sekarang di jaman yang udah serba digital, serba online, udah banyak platform investasi digital yang bertebaran, khususnya reksa dana ya. Platform reksa dana yang cukup terkenal itu misalnya Bukareksa (Bukalapak), Tokopedia Reksadana, Bareksa, dan Bibit. Tapi yang perlu jadi catatan Bukareksa dan Tokopedia Reksadana ini bekerja sama sama Bareksa, jadi dengan kata lain kita beli barang jualan Bareksa melalui Bukareksa atau Tokopedia Reksadana itu yang kemungkinan ada perbedaan harga sih (jujur belum pernah bandingin soalnya). Nah kali ini fokus kita adalah Bareksa dan Bibit. 

Jadi Bareksa dan Bibit ini sebenarnya adalah marketplace atau sederhananya tempat para manajer investasi menjual dagangannya. Kalau belum tau apa itu manajer investasi, kayanya kalian harus baca artikel kita tentang Kenalan Sama Reksa Dana.

 Oke kita mulai dari persamaannya dulu. Jadi sebenarnya Bareksa dan Bibit ini banyak kesamaannya. Temanya sama - sama hijau, menjual produk yang sama dengan harga yang sama, sering ada promo - promonya. Nah trus apa dong bedanya? ayo kita list bareng - bareng di bawah

Bareksa VS Bibit
 

  1. Bareksa

    • Memiliki Versi Web

      Fitur ini sebenarnya tergantung kebiasaan sih, ada orang yang lebih suka menjelajah dengan laptop/komputer, tapi tidak sedikit juga yang lebih suka menggunakan HP. Menurutku sendiri fitur web ini lebih ngebantu kalo kita mau baca prospektus atau Fung Fact Sheet dari produk yang mau kita beli. Kalau untuk top-up mah pake HP cukup.
    • Bisa Finger Print (di HP)

      Buat kalian yang HP nya udah support finger print dan agak mageran buat ngetik pin, fitur ini lumayan berguna sih. Selain itu fitur ini juga cukup membantu pas kita mau ngebuka aplikasi di keramain dan parno kalau orang - orang akan nyontek pin kita.
    • Pilihan Reksa Dana Lebih Banyak

      Di Bareksa kita diberikan tiga daftar produk reksa dana teratas, namun kita juga bisa memilih dengan fitur Filter, Sort dan Compare antar reksa dana yang ada. Per Agustus 2019 ada sekitar 2.144 produk yang dijual di Bareksa. Sampe pusing dah tuh milih produk.
    • Bisa Diversifikasi Portofolio

      Selain membeli reksa dana, di Bareksa kita juga bisa mendiversifikasi portofolio investasi kita loh. Salah duanya adalah investasi Emas dan SBN (Surat Berharga Negara). Tapi kalau tidak salah untuk pembelian SBN itu wajib memverifikasi NPWP sih.
    • Tidak Memiliki Rekomendasi Pembelian

      Ya, jadi kalau kalian memutuskan investasi reksa dana di bareksa kalian harus udah matang untuk melakukan pemilihan. Karena disini harus nentuin sendiri mau beli yang mana, setidaknya sudah ada pengetahuan yang mencukupi lah untuk melakukan pembelian.
    • Metode Pembayaran Terbatas

      Nah ini yang aku kurang suka banget dari Bareksa, soalnya setauku metode pembayarannya hanya ada dua pilihan yaitu Ovo dan Transfer Bank. Pembayaran dengan ovo sendiri cuma tersedia di aplikasi HP, jadi ya percuma kalo ada versi webnya tapi untuk check out produknya pake ovo tetep mesti buka lagi lewat HP (meskipun bayar pake ovo nya juga buka HP sih)

      Bareksa VS Bibit

  2. Bibit

    • Rekomendasi Robo Advisor

      Berbeda dengan Bareksa, Bibit menyediakan fitur yang sangat berguna buat kamu yang agak mager baca dan mager buat ngebandingin produk - produk reksa dananya. Jadi si Robo Advisor ini bakal nyediain produk yang cocok untuk kamu beli sesuai dengan profil risikomu. Misal profil risikomu rendah (takut liat porofolio merah) jadi mayoritas uang kamu bakal dibeliin reksa dana pasar uang atau pendapatan tetap. Keren kan? Ya emang itulah yang dibanggakan oleh Bibit dibanding pesaingnya.
    • Metode Pembayaran Bervariasi

      Nah kalau di Bibit ini metode pembayarannya lebih banyak, setauku ada Gopay, LinkAja, Virtual Akun Bank, dan Transfer Manual. Lumayan banyak kan? setidaknya ada pilihan lain lah untuk melakukan pembayaran.
    • Hanya Menyediakan Reksa Dana

      Di aplikasi Bibit kamu hanya bisa melakukan pembelian reksa dana. Tapi menurutku ini bukan masalah sih karena kalau menyediakan produk lain biasanya akan terjadi kerja sama dengan platform lain sehingga akan ada kenaikan harganya dalam kata lain cuannya kurang.
    • Hanya Tersedia Aplikasi HP

      Kayanya ini ngga usah dijelasin lagi lah ya? intinya dia cuman ada di HP.
    • Pilihan Reksa Dana Lebih Sedikit

      Kalo di Bibit produk reksa dananya lebih dari 100 produk, dari sekitar 18 manajer investasi. Sebenarnya ada plus minusnya ya jelas, di satu sisi kita bisa milih produk dan manajer investasi yang sudah difilter dari awal oleh si Bibit (mungkin ini juga untuk mempermudah kerjanya si Robo Advisor sih ya). Tapi di sisi lain pasti ada orang yang lebih suka dibebasin aja buat milih produk dan manajer investasi yang mereka mau.

Jadi gimana menurut kalian lebih baik Bareksa atau Bibit? ingat milihnya kembali ke profil kalian masing - masing ya. Tapi saranku sih buat yang agak mageran baca dan ngebandingin produk pake Bibit aja, tapi kalau pengen milih lebih banyak dan bebas bisa pake Bareksa.

Nah buat kalian yang pengen daftar Bibit, ini aku ada kode referal yang bisa kalian pake. Jadi keuntungan yang bakal kalian dapet kalau pake kode referal ini adalah cashback sebesar 25.000 lumayan kan???

Kode Referral Bibit: widi860

Bisa juga download aplikasinya: http://bit.ly/bibitreferral1

Nah kayanya sekian dulu perbandingan antara Bareksa dan Bibit untuk investasi reksa dana. Semoga bermanfaat buat kita yang sama - sama belajar ngatur duit. Terima kasih sudah membaca. Have a nice day!! :)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar